September 06, 2019

Cara Atasi Laptop Nyala Sendiri Dalam Keadaan Sleep

Beberapa waktu lalu, laptop saya mengalami sebuah problem dimana laptop datang tiba nyala sehabis beberapa menit masuk kedalam mode Sleep, meski layar laptop ditutup, ia datang tiba nyala, dan mesin berjalan layaknya sedang bekerja, tentu saja dengan ini otomatis battery akan terkuras dan laptop jadi panas, terutama kalau layar dalam kondisi tertutup. 



Masalah ini saya alami di Windows 10 May 2019 Update, dan sempat beberapa waktu kemudian saat memakai Windows 10 1809 problem ini juga muncul dan menjadi problem utama laptop saya. Langsung saja, berikut ialah dua langkah yang saya lakukan untuk mengatasi problem dimana laptop nyala sendiri dalam keadaan sleep dan layar tertutup. 

Perbaiki Lewat Device Manager

Pada langkah ini, dilakukan kalau ada beberapa perangkat menyerupai mouse atau keyboard external yang terhubung dengan laptop, dengan memakai langkah ini sukses memperbaiki problem yang saya alami saat memakai Windows 10 1809. 

1#. Masuk ke Device Manager


2#. Didalam properties, masuk ke Power Management, dan hilangkan ceklis pada Allow this device to wake this computer.


Langsung saja klik ok, dan simpan. Jika problem masih belum teratasi, silahkan lanjutkan kedalam langkah kedua dibawah ini. 

Perbaiki Lewat Group Policy Editor

Pada langkah ini, kita akan memperbaiki problem dimana laptop nyala dalam keadaan sleep dikarenakan Windows Update yang mempengaruhi Power Managermen System, berikut langkahnya.

1#. Pertama masuk ke "Group Policy Editor" atau Edit Group Policy. 


2#. Lanjut masuk ke directory " Admininstrative Template > Windows Component > Windows Update > Enabling Windows Update Power Management To Automatically Wake Up bla bla bla. " klik Edit. 


3#. Didalam setting Enabling Windows Update Power Management To Automatically Wake Up tadi, ubah dari Not Configured ke Disabled. Lalu klik Oke dan simpan saja. Setelah selesai, pastikan reboot untuk menyimpan konfigurasi dengan maksimal. 

#Update 23 Juli 2019

Matikan Task Scheduler

Setelah beberapa usang dan sehabis update ke Windows 10 1903 May 2019 Update, ternyata laptop saya menjadi menggila kembali, datang tiba ia selalu berdiri saat saya tertidur. dan sehabis beberapa lama, saya ulik kembali, nyari tumpuan dan lainnya karenanya problem ternyata ditemukan juga. 

Langkah cek, apa sih yang bikin laptop nyala sendiri saat sleep?.
  1. Buka CMD As Admin.
  2. Ketikan "powercfg /waketimers" 

Gambar. 1. Masalah

Pada gambar diatas, dapat dilihat bahwa, yang menjadi problem pada laptop saya adanya service task scheduler (Universal orchestrator start) yang berjalan otomatis. Namun sayangnya saat saya mencoba mematikan task scheduler untuk Universal Orchestrator ini, ia tidak bisa, lantaran tidak menunjukkan jalan masuk untuk kita sebagai pengguna, bahkan kalau itu harus masuk ke Admin sekalipun.


Namun kalian dapat mengakalinya dengan memakai Tool pihak ketiga berjulukan PSTools. Pertama download tool nya.


  1. Extract. 
  2. Buka CMD as Admin dan masuk ke directory dimana PSTools diextract.
  3. Masukan perintah berikut di cmd.
psexec.exe -i -s %windir%\system32\mmc.exe /s taskschd.msc
  1. Task Scheduler bakal terbuka dan selanjutnya >
  2. Masuk ke Task Scheduler Library > Microsoft > Windows > UpdateOrchestrator.
  3. Sampai disini, kenali problem kau (lihat gambar 1), lantaran problem saya disebabkan oleh
    (Universal orchestrator start)
  4. Double Klik yang bermasalah, kemudian klik pada conditions, dan hilangkan centang pada Wake the computer to run this task. 
  5. Saya juga mematikan Wake the computer to run this task, pada beberapa komponen didalam UpdateOrchestrator, menyerupai Backup Scan dan lainnya, lantaran dapat saja yg lainnya menjadi penyebab bug dan problem ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon