August 16, 2019

Tips Minimalis Windows 10 - Mempercepat Windows 10 (Bagian 1) #Edisikelima

Pada edisi kali ini saya akan pertanda sebuah tutorial wacana bagaimana sih caranya untuk mempercepat Windows 10, alasannya ialah berdasarkan saya akan percuma kalau Windows 10 terlihat minimalis namun mempunyai performa yang buruk.


#Pada edisi kali ini akan dibagi menjadi dua bab terpisah dan akan dilanjutkan pada edisi keenam ahad mendatang, jadi stay tune aja ya guys.

Cara Umum

Untuk cara mainstream kau dapat mengikuti tutorial berikut : Cara Mempercepat Windows 10.

Bagian Pertama - Mempercepat Windows 10

1#. Atur Animasi
Langkah pertama ialah kau wajib mengatur animasi yang akan dimunculkan pada Windows 10, kau dapat masuk ke File Explorer, klik kanan pada This Pc dan pilih Properties.


Selanjutnya pilih Advanced System Settings.


Masuk ke Tab Advanced pada bab Performance klik pada bab Settings.


Pada bab Visual Effect, kau ubah ibarat gambar berikut.


2#. Atur Virtual Memory
Selanjutnya kau harus mengatur virtual memory pada windows 10 kamu, fungsinya akan sama dengan Swap di Linux. Masih didalam windows konfigurasi yang tadi, kau pilih pada bab Advanced.


Selanjutnya kau ubah ke Custom Size dan masukan masing masing 10000, atau bebas. Kamu dapat mengikuti tutorial berikut ini, namun berdasarkan pengalaman saya, memakai konfigurasi yang saya lakukan lebih powerfull dan lebih terasa akan peningkatannya.


Jangan lupa klik Set dan Ok. 

3#. Atur System Startup
Jika kau tidak memakai konfigurasi dualboot, kau ikuti langkah berikut. Pertama didalam windows System Properties sama ibarat langkah 1#, kau pilih pada bab Startup and Recovery.


Selanjutnya pada bab time to display bla bla bla, kau hilangkan ceklisnya. 


Klik Ok dan Tutup semua Windows dengan menekan tombol Ok, jangan lupa restart laptop kamu.


Karena sudah cukup panjang maka edisi kali ini cukup sekian saja ya, pada edisi selanjutnya akan ada lebih dari 2 konfigurasi yang harus kau ubah demi Mempercepat Windows 10.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon