December 21, 2017

Apa Itu Proxy Server ? - Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Kelebihan Serta Kekurangan Proxy Server

Tags

Berikut Ini Adalah Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Kelebihan Serta Kekurang Proxy Server


proxy server adalahProxy dapat dipahami sebagai pihak ketiga yang berdiri ditengah-tengah antara kedua pihak yang saling berhubungan dan berfungsi sebagai perantara, sedemikian sehingga pihak pertama (client) dan pihak kedua (server) tidak langsung berhubungan, akan tetapi masing-masing berhubungan dengan perantara, yaitu proxy. Sebuah aplikasi client bisa berupa browser web, FTP client, dan lainnya. Sedangkan aplikasi server bisa berupa sebuah server web, server FTP, dan lainnya.


Proxy server mempunyai 3 (tiga) fungsi utama yaitu Connection Sharing, Filtering dan Caching. Proxy dalam pengertiannya sebagai perantara, bekerja dalam berbagai jenis protokol komunikasi jaringan dan dapat berada pada level-level yang berbedan pada hirarki layer protokol komunikasi jaringan.

Fungsi Proxy Server 

 

1. Connection Sharing

Konsep dasar, pengguna tidak langsung berhubungan dengan jaringan luar atau internet, tetapi harus melewati suatu gateway, yang bertindak sebagai batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Gateway ini sangat penting,karena jaringan lokal harus dapat dilindungi dengan baik dari bahaya yang mungkin berasal dari internet, dan hal tersebut akan sulit dilakukan bila tidak ada garis batas yang jelas jaringan lokal dan internet. Gateway juga bertindak sebagai titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal akan terhubung kepadanya, dan suatu koneksi ke jaringan luar juga terhubung kepadanya. Dengan demikian, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connection sharing). Dalam hal ini, gateway adalah juga sebagai proxy server, karena menyediakan layanan sebagai perantara antara jaringan lokal dan jaringan luar atau internet.

2. Filtering 

Bekerja pada layer aplikasi sehingga berfungsi sebagai firewall packet filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal dari serangan atau gangguan yang berasal dari jaringan internet. Berfungsi melakukan filtering atas paket yang lewat dari dan ke jaringan-jaringan yang dihubungkan. Dapat dikonfigurasi untuk menolak akses ke situs web tertentu pada waktu-waktu tertentu. Dapat dikonfigurasi untuk hanya memperbolehkan download FTP dan tidak memperbolehkan upload FTP, hanya memperbolehkan pengguna tertentu yang bisa memainkan file-file RealAudio, mencegah akses ke email sebelum tanggal tertentu. 

3. Chacing 

Proxy server memiliki mekanisme penyimpanan objek-objek yang sudah pernah diminta dari server-server di internet. Proxy server yang melakukan proses diatas bisa disebut cache server. Mekanisme caching akan menyimpan objek-objek yang merupakan hasil permintaan dari para pengguna, ya didapat di internet. Disimpan dalam ruang disk yang disediakan (cache). 

Manfaat Proxy Server :

  1. Dapat menyembunyikan alamat IP address
  2. Dapat dipakai untuk mengakses website yang telah diblok oleh ISP (Internet Service Provider) atau oleh suatu organisasi. 
  3. Dapat digunakan untuk memblok beberapa atau sebuah website yang nantinya tidak dapat diakses. 
  4. Dapat memfilter cookies yang tidak diinginkan dan seluruh cookies yang tersimpan encrypt.
  5. Dan dapat meningkatkan keamanan privacy pengguna.

 

Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server :

  • Kelebihan Proxy Server
  1. Keamanan jaringan komputer anda akan lebih terjaga, sebabnya adalah karena adanya sebuah proxy yang berfungsi sebagai pembatas antar jaringan lokal dan jaringan luar (internet).
  2. Akses berikutnya terhadap website-website yang sudah pernah diakses sebelumnya akan menjadi lebih cepat, hal tersebut karena pengaksesan selanjutnya tidak perlu melakukan permintaan data ke jaringan luar (internet) melainkan sudah ada pada direktori cache proxy. 
  3. Memiliki fasilitas filtering, baik itu filtering pengguna, content maupun waktu akses. 
  • Kekurangan Proxy Server
  1. Akses terhadap website yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, hal tersebut dikarenakan si client harus melakukan permintaan terlebih dahulu kepada proxy, selanjutnya baru proxy yang akan meminta permintaan/request dari client tersebut kepada penyedia layanan internet.
  2. Apabila proxy server terlambat dalam melakukan update cache, maka si client akan mendapatkan kontent yang belum update (konten lama) ketika melakukan permintaan terhadap konten tersebut.

Demikian artikel kami mengenai proxy server semoga artikel kami bermanfaat bagi kalian. Terma Kasih. 



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon