August 02, 2017

Apa itu VPN ? - Virtual Private Network

Tags

VPN atau VIRTUAL PRIVATE NETWORK


Apa sih VPN itu ?, VPN itu kepanjangan dari VIRTUAL PRIVATE NETWORK, Terdapat 3 suku kata yaitu Virtual, Private, dan Network, Virtual berasal dari bahasa inggris yang berarti maya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) maya berarti hanya ada dalam angan-angan atau khayalan. Private dalam bahasa Indonesia berarti pribadi atau personal atau perseorangan, dan Network yang berarti Jaringan, Jadi apa itu VPN ?, VPN adalah suatu jaringan pribadi yang tidak nyata atau khayalan yang terhubung melalui jaringan publik (Internet) dan memungkinkan untuk terhubung dari lokasi-lokasi berbeda.

Fungsi VPN
Jadi, dengan kata lain VPN dapat membuat kita berada dimana-mana (memanipulasi IP), misalkan kita berada di tempat satu dengan VPN kita dapat berada di tempat manapun yang kita mau. Salah satu Fungsi VPN juga dapat membuka situs atau web yang terblokir dengan mudah. Terus bagaimana cara kerja VPN ?.

Cara kerja VPN :
  1. VPN harus memiliki Server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC atau Client
  2. Client harus terhubung dengan Server menggunakan aplikasi VPN Client (Remote Desktop Connection) atau Aplikasi lain yang disediakan oleh pemilik server, kemudian Server akan memverifikasi menggunakan username dan password, jika berhasi server akan memberikan IP Address baru untuk client dan selanjutnya sebuah koneksi atau tunnel akan terbentuk.
  3. Setelah itu Client sudah bisa digunakan untuk mengakses berbagai resources, misalnya transfer data, print dokumen, browsing dengan gateway yang diberikan server, remote desktop dll.
Setelah anda membaca apa itu VPN dan bagaimana cara kerja VPN, maka ada baiknya sekarang anda mengetahui Fungsi dari VPN itu sendiri, berikut Fungsi dari VPN.

Fungsi VPN :
  1. Mengamankan atau menyembunyikan IP utama anda (Memanipulasi IP)
  2. Dapat membuka Web atau Situs yang di blokir (Jika server yang digunakan tidak ikut memblokir juga)
  3. Dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet (Remote Desktop Protocol)
Bagaimana cara mendapatkan VPN ?, ada banyak penjual atau penyedia jasa VPN, baik itu yang bayar ataupun yang gratis. Perbedaan VPN yang bayar dan gratis adalah dari banyaknya server yang disediakan dan keamanannya. Berikut daftar penyedia VPN.

Penyedia VPN yang sering digunakan :
  1. Hola VPN
  2. Hotspot Shield
  3. HMA! Pro VPN
  4. ZenVPN
  5. VPNGATE, dll
Mungkin segitu dulu artikel tentang VPN - Virtual Private Network, Semoga artikel kali ini bermanfaat, Sampai ketemu di artikel unik lainnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon